image006

Geliat Fisip di Bulan Agustus 2018

Bulan Agustus bagi masyarakat Indonesia merupakan momen yang paling bersejarah. Betapa tidak, pada bulan Agustus seluruh masyarakat Indonesia memperingati dan merayakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan yang meriah. Puncak perayaan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus dengan upacara bendera mengenang detik-detik Proklamasi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi pada bulan Agustus juga disibukkan dengan berbagai kegiatan sehubungan dengan perayaan Dies Natalis. Pada bulan Agustus tahun 2018 ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebagaimana yang dituturkan oleh Ketua Panitia Dies Natalis Fispol ke 54 Prof. Dr. William A. Areros, M.Si. Pada Tanggal 3 Agustus 2018 dilaksanakan pembukaan Dies Natalis Fispol ke 54 oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc., DEA. Pembukaan Dies Natalis Fispol ke 54 ditandai dengan kegiatan jalan sehat dan senam yang diikuti oleh rektor, para wakil rektor, para dekan, dosen dan pegawai Fispol serta mahasiswa.

image002

image004

Pada tanggal 8 – 9 Agustus 2018 dilaksanakan 5 th Joint International Conference on Business, Economics and Social Sciences (ICBESS) 2018 yang merupakan kerja sama antara Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Unsrat dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsrat. International Conference ini terdiri dari tiga sub tema yaitu: (1) IICOS (Indonesia International Conferenceon Social Sciences; (2) Annual International Conference on Management Research; (3) Annual International Conference on Accounting Research. Kegiatan ini dibuka oleh wakil Rektor I Unsrat Prof. dr. Jimmy Posangi, Ph.D, dan diikuti oleh peserta dari tujuh negara termasuk Indonesia dengan presenter sebanyak 101 orang sesuai dengan yang tertera pada book of Abstracts. Sedangkan keynote Speakers terdiri dari : 1) Madhusudan Ghosh, Professor of Economics Departemen of Economics & Politics VISVA-Bharati; 2) Remus Ilies, Professor of Management at the National Univeristy of Singapore (NUS) Business School; 3) David C. Hay, Professor of Auditing at the Univerisity of Auckland New Zealand.

image008

Pada penghujung bulan Agustus tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unsrat dipercayakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk melaksanakan Seminar dan Sosialisasi “Perkembangan Pembahasan Kejahatan Lintas
Batas Negara di Forum Multilateral dan Peluang Bekerja pada Organisasi Internasional”. Acara seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor II Unsrat Dr. Ronny A. Maramis, SH., MH. Pembicara pada seminar ini adalah: 1) Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri IGN Kristanyo Hardojo ; 2) Panglima Komandan Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Marsma Jorry S. Koloay, SIP.,M.Han; 3) Ketua Program Studi Ilmu Politik Fispol Unsrat Dra. Trilke Erita Tulung, MA., M.Si; 4) Kepala sub bagian kontribusi pada bagian keanggotaan dan kontribusi iIndonesia pada Organisasi Internasional Anindita Aji Pratama, dan sebagai moderator Dr. Drs. Burhan Niode, MA. Seminar ini dihadiri oleh Dosen Fispol dan Dosen Fakultas Hukum Unsrat dan 300 mahasiswa dari Fispol Unsrat dan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Utara.

image010

image012

 

 

forum dekan

Pertemuan Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial PTN Se-Indonesia

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi dipercayakan menjadi tuan rumah pertemuan Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial PTN se Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2018 di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado. Pada pertemuan ini selain membahas tentang eksistensi Forum Dekan, juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional dengan tema “Reformulasi Sistem Demokrasi dalam Kompetisi Elektoral di Tengah-Tengah kegaduhan Politik Bangsa”.

Pada saat pembukaan ketua Forum Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial se-Indonesia Prof. Dr. Sahya Anggara, M.Si, menjelaskan pertemuan ini diikuti oleh Dekan atau yang mewakili Dekan berasal dari Universitas negeri dari Provinsi Aceh sampai Provinsi Papua. Melalui pertemuan ini dan seminar sesuai dengan tema yang diangkat pada pertemuan di Manado, diharapkan dihasilkan pemikiran-pemikiran kritis dari pandangan akademisi terkait dengan kondisi terkini dari kehidupan berbangsa dan negara dalam kaitannya dengan Sistem Demokrasi.

forum dekan 1

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA,  ketika menyampaikan sambutan pada acara pembukaan mengharapkan melalui forum ini dapat menghasilkan pemikiran  yang solutif dalam mengatasi persoalan berbangsa dan bernegara khususnya pada bidang sosial dan politik. Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Dr. Drs. Novie Revlie Pioh, M.Si, rumusan dari pertemuan ini akan menjadi rekomendasi bagi beberapa pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan dan pembuat kebijakan yang terkait dengan sistem demokrasi.

Pada kesempatan ini panitia pelaksana menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisi dalam kegiatan ini, kiranya kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta serta khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.

dies 1

Pembukaan Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ke 53

dies 2